Sekilas Yayasan Wakaf Pesantren Al Manar

Tahun 1995 yang lalu, tepatnya di bulan September, sebuah prasasti di tanda tangani sebagai pertanda sekolah Al Manar mulai beroperasi di Jakarta. Dalam penandatanganan itu hadir pejabat negara, setingkat lurah saja, para alim ulama dan masyarakat sekitar. Tempat penandatanganan di halaman rumah penduduk, karena Al Manar tidak memiliki lapangan dan lahan tanah yang luas.


Mengawali pendidkan, yang beralamat di RT 03 RW 05, kelurahan Pondok Kelapa, Al Manar tidak memiliki ruang kelas. Yang ada hanya bangunan mushalla tua yang sudah tidak terpakai karena ada masjid yang baru selesai dibangun. Ketika hujan tiba, mushalla ini dipenuhi dengan air hujan. Bagian atap dari mushalla ini sudah membusuk, sebagian atapnya rubuh. Tanah dan Mushalla ini wakaf dari H.Amat bin Deliman, ulama karismatik, tokoh masyarakat dan pelopor perubahan di masyarakat Pondok Kelapa dan sekitarnya, tidak lain almarhum adalah kakek dari Ustazah Hj. Barkah, ketua Yayasan Wakaf Pesantren Al Manar.
Al.manar mengambil lokasi dibagian samping mushalla ini. Atapnya dipermak, bagian samping di pasang dinding batu bata, lantai di plaster, bukan dikramik.


Setelah dipermak, Almanar mempunyai tiga ruangan untuk belajar dan kantor. Ukuran ruang sangat kecil. Untuk ruang belajar hanya berukuran 4 x 4 m tiap ruang. Untuk kantor 2 x 2.5m. Untuk kebutuhan ruang belajarpun diisi sekedarnya saja. Ada bangku/kursi belajar, ada papan tulis, ada mesin tik manual merek Standard, invertaris kerja saya ketika saya bekerja sebagai penulis kolom Timur Tengah di salah satu surat kabar nasional ketika masih kuliah di Cairo.
Meski bangunan ini sangat sederhana, akan tetapi kegiatannya sangat luar biasa. Untuk belajar formal di sini ada TK-Islam, TPA. Untuk non forrmal, Al Manar menyelenggarakan kursus bahasa Arab, pelatihan akuntasi zakat, konsultasi hukum Islam, dengan tenaga pengajarnya dari kalangan akademisi yang sangat profesional dalam bidanganya. Salah satu tim pengajar Ust. DR. Idham Holid, yang sekarang menjadi staf ahli di sekolah Irsyad International Singapore.


Untuk TK Islam tampil sangat berbeda dengan sekolah TK di tempat lain. Al Manar mengajarkan bukan hanya sekedar gemar sekolah kepada siswanya, tetapi almanar sudah mengajarkan membaca, menghitung, Al Qur’an dan lain-lain. Seperti yang diajarkan oleh sekolah-sekolah yang dibangun Ikhwan Muslimin di Mesir


Guru yang sangat gigih dalam masa-masa awal ini adalah Ibu Nur dan Ibu Hilmiyah, yang sekarang masih aktif di TK Islam Al Manar. Kedua ibu guru ini menjadi saksi hidup di awal berdirinya Al Manar.
Kedua ibu guru ini sering mengeluh ketika hujan tiba; “Sekolah bocor, air tergenang”. Ketika itu para siswa sering dipindahkan ke pojok kelas karena bangku mereka basah terkena air hujan akibat atap yang bocor. Usai hujan, air yang menggenang didepan sekokah dibersihkan dengan sapu lidi, jalan becek disebabkan jalan tidak diaspal, pekarangan sekolah masih tanah tanpa diberi paving blok atau disemen.


Disekitar sekolah Al Manar waktu itu masih banyak tempat pengrajin kayu untuk memproduksi alat rumah tangga, becak, lemari dan sebagainya. Pada waktu pagi hari masih terlihat asap mengepul dari bengkel-bengkel tersebut hasil pembakaran limbah kayu.

Sejak berdirinya pada bulan September 1995 hingga saat ini, Yayasan Wakaf Pesantren Al-Manar telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu institusi pendidikan yang cukup diminati oleh Masyarakat. Awalnya Yayasan Wakaf Pesantren Al-Manar hanya mengembangkan pelatihan-pelatihan praktis, kursus-kursus dan pelatihan lainnya. Sambutan yang positif dari Masyarakat, membuat Yayasan Wakaf Pesantren Al-Manar terus mengembangkan sayapnya dengan mendirikan pendidikan formal. Pada tahun 1995, Yayasan Wakaf Pesantren Al-Manar telah mendirikan lembaga pendidikan tingkat TKI/TKA/TPA dan pada tahun 2000 mendirikan SDIT. Hingga tahun ajaran 2008/2009 penerimaan siswa-siswi didik menunjukkan grafik yang sangat meningkat. Dengan meningkatnya kebutuhan akan pendidikan formal, Yayasan Wakaf Pesantren Al-Manar merasa perlu untuk membuka program pendidikan formal tingkat SLTP, SLTA dan bila memungkinkan sampai tingkat Akademi dan Perguruan Tinggi.

Secara legal formal, Yayasan Wakaf Al-manar telah didaftarkan di Notaris pada tanggal 13 Oktober 1997 dengan akte pendirian No 8 yang dibuat dihadapan Notaris Evawani Alissa Chairil Anwar, SH.

Waktu Pendirian :

Yayasan Wakaf Al-Manar dimulai pada tanggal akte pendirian dan didirikan untuk waktu yang lamanya tidak ditentukan.

Maksud dan tujuan :

Maksud dan tujuan yayasan ini ialah melaksanakan kegiatan dalam bidang sosial dan bidang pendidikan. 

 Dalam bidang Sosial :

  • Mendirikan dan menyelenggarakan panti asuhan anak yatim/yatim piatu dan jompo.
  • Mendirikan balai-balai pengobatan dan rumah-rumah sakit serta menyelenggarakan kegiatan balai-balai pengobatan dan Rumah Sakit.

Dalam bidang Pendidikan :

  • Mendirikan tempat pendidikan dan menyelenggarakan pendidikan umum dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi.
  • Menyelenggarakan pendidikan khusus, seperti kursus-kursus, pendidikan ketrampilan dan latihan kerja.
  • Memberikan bantuan dana pendidikan kepada mereka yang dianggap perlu.

Dengan berbagai program pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan, serta didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup memadai, Yayasan Wakaf Pesantren Al-Manar telah membuktikan diri sebagai institusi pendidikan yang memiliki kredibilitas tinggi di Masyarakat. Untuk menopang operasional, Yayasan membuka berbagai lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Wakaf Pesantren Al-Manar sebagaimana tertera di bawah ini :

Lembaga Pendidikan:

  • Lembaga pendidikan TKI & TKA / TPA.
  • Lembaga pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu.

Lembaga Sosial:

  • Lembaga Wakaf.
  • Lembaga Bea Siswa.
  • Lembaga Kajian Islam.
  • Lembaga Zakat.
  • Lembaga Kepengurusan  Jenazah

Lembaga Usaha:

  • Lembaga Haji dan Umroh
  • Lembaga Terjemah dan Penerbitan.
  • Koperasi

Untuk lebih meningkatkan kinerja dalam perluasan usaha, Yayasan Wakaf Pesantren Al-Manar pun menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan di luar negeri dan dalam negeri seperti Yayasan Al-Azhar, Yayasan Nurul Fikri serta Lembaga Pendidikan lainnya.

DATA LEGALITAS YAYASAN:

  • Akta Pendirian : No. 8 Tanggal 28 Oktober 2004 notaris Evawani Alissa Chairil Anwar SH
  • NPWP : No. 01.920.527.7-002.000 tanggal 28 Desember 2004
  • Akta Ikrar Wakaf : Departemen Agama No. 102/KS/MY-4/185/VI/2005 Tanggal 24 Juni 2005
  • Depkumham : No.C-954.ht.01.02.th.2005 Tanggal 24 juni 2005
  • Depsos : No.31.75.07.1004.1122 tanggal 6 Mei 2008
  • Ijin Domisili : Pemda DKI Jakarta Timur No.250/1.824.515/2008 tanggal 16 Juni 2008